•  
Diposting oleh : Administrator Kategori: RKS - Dibaca: 58419 kali

 

 

 

 

KOMANDO PEMELIHARAAN MATERIIL TNI AU

DEPO PEMELIHARAAN 10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


RENCANA KERJA DAN SYARAT-SYARAT

 

tentang

 

PENGADAAN BARANG / JASA

TW. IV TAHUN ANGGARAN 2015 DI DEPOHAR 10

 

Nomor : RKS / 06 / IX /2015

 

BAB I

 

SYARAT- SYARAT UMUM

 

Pemberi Tugas

 

1.         Yang bertindak sebagai pemberi tugas adalah  Komandan Depohar 10  selaku Kuasa Pengguna Anggaran Pengadaan Barang/Jasa di  Depo Pemeliharaan 10  Lanud Husein Sastranegara.

 

 

Penyelenggara/Pelaksana Pengadaan

 

2.         Yang bertindak sebagai panitia adalah 2 (dua) kelompok yang terdiri dari :

 

a.         Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan, bertugas selaku Unit Pelayanan Pengadaan peneliti/penilai penawaran harga serta  membuat rumusan RKS.

 

b.         Komisi Penerimaan Materiil, bertugas selaku Komisi pemeriksa/penerima/penguji terhadap barang-barang  yang diterima, baik kualitas maupun kuantitas barang.

 

Metode Pengadaan

 

3.         Metode Pengadaan diadakan secara Lelang Sederhana, yaitu Penyedia barang mendaftarkan diri kepada Unit Layanan Pengadaan Depo Pemeliharaan 10. Sedangkan yang tidak diperkenankan ikut mengajukan penawaran, Penjamin maupun Kuasa dari Rekanan adalah :

 

            a.         Pegawai Negeri/TNI.

            b.         Pegawai Perusahaan Milik Negara.

            c.         Penyedia Barang/Jasa yang dinyatakan pailit.

d.         Penyedia Barang/Jasa yang pengikutsertaannya akan bertentangan dengan tugasnya.

 

4.         Syarat-Syarat yang harus dipenuhi peserta Lelang Sederhana adalah :

 

Penyedia Barang/Jasa yang ikut serta mengajukan penawaran harus memenuhi syarat-syarat sbb. :

 

a.         Sebagai nasabah bank yang baik.

b.         Tunduk pada ketentuan yang termuat dalam peraturan.

c.         Menguasai dengan benar tentang barang yang dibutuhkan , baik yang menyangkut mutu, spesifikasi,  sumber maupun hal-hal yang bersifat Teknis.

 

Dokumen Penawaran

 

5.         Dalam membuat Surat Penawaran Harga berikut lampirannya, penawar diwajibkan memenuhi ketentuan-ketentuan sbb :

 

a.         Surat  Penawaran  dibuat  rangkap 3 (tiga)  sama  dan  aslinya  diberi tanggal, ditandatangani penawar dan di cap perusahaan.

 

b.         Daftar Kuantitas dan Harga yang dicatumkan dalam angka . Harga penawaran yang diajukan harus sudah termasuk pajak dan segala ongkos-ongkos:

 

 

 

 

 

 

2

 

c.         Surat Jaminan Penawaran yang diterbitkan oleh Bank pemerintah atau oleh perusahaan Asuransi yang mempunyai program asuransi kerugian ( Surety Bond ).

 

  1. Nilai Jaminan Penawaran 2 % dari nilai HPS.

 

6.         Apabila pada surat penawaran terdapat kekurangan tanda tangan, tanggal dan cap perusahaan dapat ditambahkan pada saat pembukaan surat penawaran.

 

Hal-hal yang menggugurkan Penawaran

 

7.         Surat Penawaran dianggap tidak sah, jika :

 

a.         Tidak jelas besarnya jumlah/perincian penawaran, baik dengan angka, maupun dengan huruf.

b.         Harga yang tercantum dalam angka tidak sesuai dengan yang tercantum

dalam huruf.

            c.         Lampiran-lampiran penawaran tidak lengkap.

            d.         Diajukan syarat lain daripada syarat-syarat yang telah ditentukan.

            e.         Harga Penawaran melebihi HPS.

 

 

Penyampaian Penawaran

 

8.         Dengan metode Penawaran Satu Sampul.  Surat  penawaran  berikut  lampirannya  diserahkan  kepada  Kelompok Kerja Unit   Layanan    Pengadaan     Depo    Pemeliharaan 10      selambat-lambatnya  tanggal   29 September 2015  sesuai batas waktu yang ditentukan dalam permintaan penawaran harga.

 

Penjelasan dan Pembukaan Surat Penawaran Harga

 

9.         Pengadaan barang/Jasa TW. IV Tahun Anggaran 2015 yang meliputi kegiatan-kegiatan tersebut dibawah ini dilakukan oleh Penyedia Barang/Jasa yang telah memenuhi syarat Kualifikasi, sedangkan kegiatannya sebagai berikut :

 

  1. Pengadaan Barang Consmat Harpesbang Pesawat C-130 Noreg A-1341

  2. Pengadaan Barang Consmat Harpesbang Pesawat EC-120B Noreg HL-1210

 

 

Pemberian Penjelasan

 

Hari                   :    Rabu

 

Tanggal           :    23 September 2015

 

Pukul               :    09.00  WIB

 

Tempat             :    Ruang Koeswardhono Depo Pemeliharaan 10

                               Lanud Husein Sastranegara Bandung.

 

Pembukaan Surat Penawaran Harga

 

Hari                   :    Selasa

 

Tanggal           :    29 September 2015

 

Pukul               :    10.00  WIB

 

Tempat             :    Ruang Koeswardhono Depo Pemeliharaan 10

                                        Lanud Husein Sastranegara Bandung.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

10.       Dengan diberikannya penjelasan mengenai RKS dengan segala perubahan dan tambahan keterangan,   maka akan dibuat Berita Acara Penjelasan yang ditanda tangani Panitia Lelang serta  2  (dua)  orang wakil dari Penyedia Barang/Jasa yang hadir dan berita acara ini merupakan bagian dari dokumen Lelang Sederhana.

 

11.       Tata cara dalam pembukaan Surat Penawaran diatur sbb. :

 

a.         Pada waktu yang telah ditentukan sesuai butir  8,  Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan menyatakan dihadapan para peserta Lelang Sederhana  bahwa saat menyampaikan surat penawaran telah ditutup.  Mulai saat itu sudah tidak dapat diterima lagi surat penawaran,  surat keterangan, perubahan-perubahan, susulan bahan, demikian pula penjelas secara lisan/tertulis atas penawaran tersebut dari peserta Lelang Sederhana.

 

b.         Pembukaan surat-surat penawaran yang masuk dilakukan oleh Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan dan dibantu 2 (dua) orang wakil dari peserta Lelang Sederhana yang ditunjuk dengan disaksikan yang hadir.

 

c.         Semua surat penawaran dan surat keterangan dibaca dengan keras, sehingga dipahami oleh yang hadir.

 

d.         Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan menyatakan dari semua surat-surat penawaran yang diterima, mana  yang sah dan  yang tidak.

 

e.         Setelah pembacaan dan penetapan sah tidaknya surat-surat penawaran tersebut, Panitia segera membuat Berita Acara Pembukaan Surat Penawaran yang memuat segala hal ikhwal mengenai pelaksanaannya termasuk cara penilaian, rumus-rumus yang digunakan dan lain sebagainya sampai pada penetapan calon pemenangnya. Berita Acara tersebut ditanda-tangani Ketua dan semua anggota panitia yang hadir serta dua orang wakil dari Penyedia Barang/Jasa yang ditunjuk.

 

 

Evaluasi Penawaran

 

Evaluasi penawaran meliputi evaluasi administrasi, teknis dan harga dengan kreteria :

 

Apabila harga dalam penawaran telah dianggap wajar dan dalam batas ketentuan mengenai harga satuan (harga standar) yang telah ditetapkan serta telah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada,  maka  panitia menetapkan 1 (satu) peserta yang telah memasukkan penawaran yang paling menguntungkan bagi negara dalam arti :

 

1).        Penawaran secara teknis dapat dipertanggung jawabkan.

            2).        Perhitungan harga yang ditawarkan dapat dipertanggung jawabkan.

3).        Penawaran tersebut adalah yang terendah diantara penawaran-penawaran yang memenuhi syarat tersebut.

 

Penetapan Calon Pemenang

 

12.       Dalam penetapan calon pemenang, panitia berpegang kepada ketentuan yang berlaku dengan pola sbb. :

 

a.         Jika dua peserta atau lebih mengajukan harga yang sama, maka panitia memilih peserta yang menurut pertimbangan mempunyai  kecakapan  dan  kemampuan yang terbesar, jika bahan-bahan untuk menentukan  pilihan itu tidak tersedia maka pemilihannya  dilakukan  dengan  undian,  hal mana harus dicatat dalam Berita Acara bersangkutan.

 

b.         Calon pemenang harus sudah ditetapkan selambat-lambatnya  5  (lima) hari, setelah pembukaan surat penawaran.

 

c.         Penunjukan pemenang dilakukan dengan  Surat  Penunjukan  Penyedia Barang/Jasa  yang  ditetapkan  oleh  Pejabat Pembuat Komitmen

 

 

 

 

 

 

 

4

 

d.         Sebelum penandatangan Kontrak, Penjual/Penyedia Barang harus menyerahkan Surat Jaminan Pelaksanaan dari Bank Pemerintah Indonesia sebesar  5 %  dari nilai Kontrak, apabila nilai penawaran terkoreksi antara 80 % sampai dengan 100 % dari nilai HPS.

 

e.         Penunjukan hanya berlaku satu kali,  yakni Pengadaan Barang-barang sebagai berikut :

 

  1. Pengadaan Barang Consmat Harpesbang Pesawat C-130 Noreg A-1341

  2. Pengadaan Barang Consmat Harpesbang Pesawat EC-120B Noreg HL-1210

 

 

Jenis Kontrak

 

13.       Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB). Kontrak ditandatangani selambat-lambatnya 14 hari kalender setelah diterbitkannya Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa.   Bea Meterai dari Surat Perjanjian/Kontrak menjadi tanggungan Penyedia Barang terpilih/penjual.

 

 

BAB  II

 

SYARAT - SYARAT  ADMINISTRASI

 

Waktu Pelaksanaan Pekerjaan

 

14.       Setelah penandatangan kontrak penyedia barang/penjual harus menyerahkan barang sesuai dengan perjanjian, baik waktu, tempat dan cara penyerahan.

 

15.       Apabila waktu penyerahan tidak dapat dipenuhi Penyedia Barang/Jasa, maka berdasarkan permintaan tertulis dari Penyedia Barang/Jasa dengan mengajukan alasan-alasan yang cukup kuat dan dapat diterima akan dipertimbangkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen.

 

16.       Apabila alasan-alasan yang diajukan pada butir 14 tidak dapat diterima, maka kepada yang bersangkutan tetap dikenakan sangsi sebagaimana disebutkan dalam Surat Perjanjian.

 

Pembayaran

 

17.       Pembayaran dilakukan di Pekas Depo Pemeliharaan 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung.

 

18.       Pembayaran dilaksanakan setelah barang-barang yang dibeli sudah diterima seluruhnya dalam keadaan baik/ lengkap dan telah diadakan pemeriksaan/pengujian oleh panitia penerima barang dan dinyatakan dalam suatu Berita Acara Penerimaan/Pemeriksaan.

 

19.       Tanda tangan penerimaan pembayaran ditandatangani sendiri oleh Pimpinan Perusahaan atau orang lain yang ditunjuk dengan surat kuasa yang sah.

 

Denda

 

20.       Apabila Penyedia Barang/Jasa tidak dapat memenuhi syarat sebagaimana tercantum dalam butir 14 RKS., maka Penyedia Barang/Jasa yang  bersangkutan dikenakan denda sebesar  1 °/oo  (per mil)  dari harga yang belum diserahkan untuk setiap hari kelambatan.

 

 

BAB   III

 

SYARAT-SYARAT TEKNIS

Persyaratan Umum

 

21.       Barang-barang yang dibeli harus mempunyai spesifikasi yang jelas dan tepat serta aman untuk penggunaan.   Untuk lebih menjamin kualitas dan kuantitas barang, akan diadakan pengujian serta  pemeriksaan  secara  teknis  oleh  panitia  pemeriksa  barang.  Dalam hal terjadi kerusakan/kesalahan teknis produk, maka Penyedia Barang/Jasa harus bersedia mengganti dengan cuma-cuma.

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

BAB   V

 

P E N U T U P

 

22.       Demikian Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) ini dibuat untuk dapat dijadikan pedoman, baik untuk pejabat yang terlibat dalam pekerjaan ini maupun para Penyedia Barang/Jasa yang akan mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.

 

23.       Hal-hal yang belum diatur atau perlu mendapatkan perubahan , akan ditentukan kemudian.

 

                                                                                                     

 

 

 

Dibuat di Bandung.

Pada tanggal,        September 2015

 

Kepala Unit Layanan Pengadaan,  

 

 

 

 

Agung Prahardanto, ST.

Kapten Kal  NRP 535870

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 






Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)